Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
.

5 Hal Pencetus Depresi Pada Seseorang

Written By RUZH on Thursday, August 18, 2011 | 2:14 PM

Jakarta, Ada banyak hal yang menyebabkan depresi seperti trauma masa lalu, kesedihan, masalah keuangan dan pengangguran. Selain penyebab spesifik tersebut, ada pula hal-hal aneh atau tidak konkret yang juga bisa menyebabkan depresi. Apa saja?

Berikut beberapa hal aneh yang bisa menyebabkan depresi, seperti dilansir Foxnews, Kamis (18/8/2011):

1. Cuaca
Seasonal affective disorder (SAD atau gangguang afektif musiman) paling sering dikaitkan dengan kesedihan pada musim dingin. Tapi kurang dari 1 persen, bentuk serangan depresi ini juga terjadi pada musim panas.

"Depresi cuaca hangat muncul ketika tubuh mengalami menyesuaikan penundaan musim baru. Saat bangun tidur dan menikmati fajar, tubuh harus mengalami penyesuaian waktu yang sulit, yang bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan bahan kimia otak dan hormon melatonin," kata Dr Alfred Lewy, profesor psikiatri di Oregon Health and Science University di Portland.

2. Merokok
Merokok telah lama dikaitkan dengan depresi. Nikotin diketahui mempengaruhi aktivitas neurotransmitter di otak, sehingga tingkat dopamin dan serotonin lebih tinggi. Hal ini mungkin menjelaskan sifat adiktif obat dan perubahan suasana hati karena efek balikan, serta mengapa depresi berhubungan dengan berhenti merokok. Menghindari rokok dan tetap bebas dari asap bisa membantu keseimbangan kimia otak.

3. Menghabiskan banyak waktu untuk Facebook
Sejumlah studi baru menunjukkan bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu di chat room dan situs jaringan sosial dapat dikaitkan dengan depresi, terutama pada remaja dan praremaja. Pecandu internet harus berjuang dengan interaksi kehidupan nyata dan kurangnya persahabatan. Beberapa ahli bahkan menyebutnya 'Facebook depression'.

4. Akhir dari acara TV dan film
Ketika sesuatu yang Anda sukai berakhir seperti acara TV atau film, hal itu dapat memicu depresi pada beberapa orang. Pada tahun 2009, beberapa fans Avatar dilaporkan merasa depresi dan bahkan bunuh diri karena film fiksi yang mereka senangi tidak nyata. Dimungkinkan akan ada reaksi yang sama dengan berakhirnya film Harry Potter.

5. Hubungan yang tidak baik dengan saudara
Meskipun hubungan yang tidak baik dengan siapa saja dapat menyebabkan depresi, sebuah studi 2007 di American Journal of Psychiatry menemukan bahwa pria yang tidak akur dengan saudaranya sebelum usia 20 tahun lebih mungkin mengalami depresi di kemudian hari.

0 komentar:

Post a Comment