Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?
.

Inilah 5 Carport Minimalis Untuk Ide Rumah Anda

Written By RUZH on Sunday, August 28, 2011 | 9:14 AM

Fungsi utama carport adalah sebagai tempat mobil berteduh. Namun juga bisa berfungsi untuk menambah nilai tampilan rumah.

Carport terletak di sisi luar rumah. Karenanya, carport langsung terlihat dari jalanan.Desain yang menawan menjadikan carport dapat terlibat sebagai elemen percantikan pada fasad rumah.

Untuk membuat carport, tak harus memilih desain yang ribet. Cukup yang simpel, asalkan sesuai dengan tampilan rumah. Yang penting juga, fungsi carport ini harus maksimal.

Berikut ini kami tampilkan 5 contoh desain carport yang dapat Anda terapkan di rumah.

1. Melayang dengan kantilever - Carport berukuran 5,8mx7,2m.

Ukuran atapnya 3mx5,7m. Sistem kantilever membuat atap carport berkesan melayang. Penyangga atap hanya berupa empat batang besi baja. Masing-masing penyangga berdiri tegak dan berjarak 1,8m. Atap terbuat dari rangka baja. Bentuk atap menggunakan pola grid, berupa kisi-kisi kayu. Nantinya kisi-kisi kayu akan dipenuhi dengan tanaman rambat jenis Mandevilla (sejenis Alamanda).

2. Atap sebagai peneduh dan balkon - Konstruksi yang digunakan adalah kantilever.

Struktur utama rangkanya berupa delapan balok beton. Panjang masing-masing balok adalah 3m, dan disusun berjarak 35cm. Di atas jajaran balok beton, direbahkan kayu merbau seluas 15,8 meter persegi. Bagian atas carport berada tepat di depan pintu kamar anak. Dari sana bagian atap carport diakses sebagai balkon. Jadi selain sebagai peneduh mobil, juga berfungsi sebagai balkon.

3. Atap simpel ditarik kawat - Struktur penyangga utamanya hanya sepotong besi persegi di sisi kanan atap.

Sebagai penguat digunakan dua kawat baja yang dipasang bersilang. Ujung-ujung kedua kawat tertambat pada bangunan utama, dan dua titik lainnya di rangka atap bagian depan. Rangka atap hanya berupa besi hollow persegi berukuran 4cmx5cm.Struktur atap seperti ini menimbulkan kesan simpel pada bangunan.

4. Atap datar besi hitam - Struktur depan atap tidak memiliki penyangga, sehingga berkesan melayang.
Sebagai ganti penyangga, digunakan dua kawat baja berukuran 12mm. Kawat-kawat tersebut ditambatkan pada bangunan utama. Bahan polikarbonat dipilih untuk menutup rangka besi hollow. Agar unik, rangka tersebut disusun dengan pola grid.

5. Struktur sederhana menempel - Selain sebagai peneduh kendaraan, carport juga berfungsi sebagai pintu masuk.

Desain yang sederhana terlihat dari strukturnya. Bagian depan disangga oleh dua balok beton. Bagian belakang menempel pada bangunan utama. Sebagai atap, dipasang kisi-kisi kayu secara melintang. Agar lebih manis, ada Alamanda, yang dibiarkan merambat ke atap. (iDEA)

0 komentar:

Post a Comment