Facebook dan Miramax Film bekerja sama untuk menyediakan layanan rental film untuk ditonton secara online yang disebut Miramax eXperience. Sebanyak 20 judul film siap disewakan. Namun, sementara baru tersedia di Amerika Serikat. Dalam waktu dekat, 10 judul akan disiapkan untuk debutnya di Inggris, Turki, Perancis, dan Jerman.
Untuk menyewa film ini, pengguna mesti merogoh 30 kredit Facebook atau sekitar 3 dollar AS. Periode rental berlaku selama 30 hari namun pengguna hanya punya waktu 48 jam untuk menyelesaikan film yang telah diputar. Yang mengasyikkan, pengguna tak cuma bisa menonton film di PC atau notebook, tapi juga bisa lewat iPad dan Google TV.
CEO Miramax Mike Lang mengungkapkan alasan memilih Facebook untuk layanan ini bukan membuat di websitenya sendiri. "Kami ingin memancing ikan di mana ikan berada. Kita bisa menciptakan Miramax yang paling menguntungkan di dunia dan selain dari keluarga kita, siapa yang akan ada di sana," jelas Lang.
Lang juga mengatakan, masih butuh waktu lama untuk mengaplikasikan movie streaming di platform lain. "Model konten digital saat ini tak bekerja dengan baik. Ini proposisi yang buruk bagi konsumen. Konsumen tidak tahu bagaimana menggunakan dan memilikinya. Ini pengalaman tak menyenangkan bagi konsumen," tambah Lang.
Dengan kekuatan Facebook, Lang mengatakan bahwa Miramax juga ingin memberikan pengalaman sosial bagi pengguna. Di Facebook, nantinya, Miramax akan membuat layanan lainnya termasuk game yang bisa memungkinkan pengguna memberi peran tertentu dalam film bersama temannya.
Dari judul film, di antara 20 judul yang siap di Amerika Serikat, sebagian besar merupakan film yang tidak tersedia di layanan lain. Hanya 7 yang sudah bisa streaming di Netflix. Berikut daftar film yang sudah tersedia:
Adventureland
Chicago
Clerks
Cold Mountain
Extract
From Dusk Till Dawn
Gangs of New York
Gone Baby Gone
Good Will Hunting
Jackie Brown
Kill Bill: Vol. 1
Kill Bill: Vol. 2
No Country for Old Men
Pulp Fiction
Shall We Dance (2004)
Sin City
Spy Kids
Swingers
The Switch
Trainspotting
No comments:
Post a Comment